Popular

Friday, September 19, 2014

Definisi Koperasi di Pondok Pesantren

Lembaga Simpan Pinjam adalah Koperasi bisa didirikan dimana saja. Salah satunya adalah Koperasi Pondok Pesantren yang tentunya didirikan di pondok pesantren sekitar. Selain sebagai salah satu dari upaya pembelajaran, koperasi yang didirikan di pondok pesantren sendiri juga memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan para penghuni pondok pesantren dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Program atau jenis usaha yang bisa dilakukan Koperasi Pondok Pesantren beraneka ragam, diantaranya dapat berupa simpan pinjam, jual beli kebutuhan pokok, atau mengolah bahan mentah menjadi makanan siap saji.

Program simpan pinjam dapat dilakukan para santriwan dan santriwati di pesantren sebagai bentuk lain dari menabung. Dan apabila mereka membutuhkan uang tersebut pada suatu saat, maka koperasi bisa memberikan simpanan mereka yang sudah mereka setorkan pada koperasi. Hal ini lebih efektif dalam hal penyimpanan uang karena para santri mungkin tidak bisa menyimpan uangnya sendiri dengan baik jika bukan di koperasi.

Definisi Koperasi di Pondok Pesantren


Koperasi Pondok Pesantren juga bisa menjual berbagai macam kebutuhan pokok santriwan dan santriwati. Hal ini tentu akan memberi kemudahan bagi santri serta tidak mengganggu proses pembelajaran mereka di pondok dibanding jika mereka harus bolak balik membeli kebutuhan di warung-warung sekitar pondok pesantren.

Selain program tersebut, Koperasi Pondok Pesantren juga bisa membuka usaha pengolahan bahan mentah dengan bahan baku tertentu. Semisalnya saja bahan "jamur". Koperasi dapat mengolahnya menjadi berbagai macam jenis makanan yang berbahan dasar jamur dan kemudian dijual pada seluruh warga pesantren atau ke masyarakat di luar pesantren. Jika dapat mengelola koperasi ini menjadi lebih baik lagi, tentu saja manfaat yang diperoleh pun semakin banyak yang diperoleh.

No comments:

Post a Comment