Popular

Wednesday, September 17, 2014

Pengertian dan Tujuan adanya Koperasi Sekolah untuk masa depan

Koperasi Sekolah


Koperasi yang beranggotakan siswa-siswi dari suatu sekolah, misalnya SD, SMP ataupun SMA. Keanggotaannya koperasi ini bersifat terbuka dan sukarela. Terbuka disini maksudnya adalah setiap siswa boleh mendaftar menjadi anggota koperasi selama bersekolah di tempat koperasi tersebut berdiri. Siswa dari sekolah lain tidak dapat bergabung di koperasi karena biasanya sekolah lainpun juga mendirikan koperasinya sendiri. Koperasi sekolah tidak memiliki badan badan hukum karena anggota koperasinya belum bisa dianggap dewasa dan mengerti hukum, namun tetap diakui keberadaannya sebagai koperasi sekolah.

Koperasi Sekolah

Tujuan Adanya Koperasi di Sekolah

Koperasi sekolah bertujuan untuk mengajarkan kewirausahaan para muridnya sehingga mereka memiliki pengalaman mengenai kewirausahaan dan perkoperasian yang memungkinkan akan kegunaan bagi mereka di kemudian hari.
Tujuan yang lain adalah sebagai sarana bagi para siswa untuk belajar disiplin dan bertanggung jawab karena mereka mendapat tugas untuk mengurus koperasi tersebut. Selain itu, koperasi sekolah juga bertujuan untuk mempermudah para siswa untuk mendapatkan keperluan sekolah, seperti buku, alat tulis, atau seragam sekolah.
Koperasi ini juga menyediakan jasa simpan pinjam sehingga para siswa bisa membiasakan diri menabung serta dapat meminjam jika ada keperluan yang mendesak. Koperasi tidak akan sepenuhnya diserahkan kepada para siswa, namun ada beberapa guru yang juga bertanggung jawab untuk mengawasi dan membina para pengurus koperasi selama jalannya usaha perkoperasian tersebut. Sama halnya dengan koperasi pada umumnya, koperasi sekolah juga mempunyai perangkat organisasi yang terdiri dari para siswa.

No comments:

Post a Comment